Sabtu, 20 Agustus 2011

Arti Kemerdekaan Sesunggunya

Sumber: kerinfarisa.blogspot.com
Dirgahayu Republik Indonesiaku ke-66
Ini semua adalah proses dari perubahan
untuk masa depan yang lebih baik.

Slamatlah Rakyatnya
Slamatlah putranya
Pulaunya lautnya semuanya
Majulah Negrinya Majulah Pandunya
Untuk Indonesia Raya
Sumber: http://liriklaguindonesia.net        





Sumber: //warofweekly.blogspot.com
        Kemerdekaan bangsa Indonesia bukanlah hadiah dari Jepang melainkan usaha para pahlawan Indonesia yang dengan gigih ingin bebas dari penjajahan Jepang. Banyak peristiwa yang mengambarkan perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaanya. Peristiwa puncak perjuangan bangsa Indonesia terjadi ketika berita kekalahan Jepang pada Perang Dunia II menjadi titik terang bagi Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Semenjak itulah golongan muda dan golongan tua berinisiatif untuk menyatakan kemerdekaanya.


            Maka pada tangga 17 Agustus 1995, di Jalan Pegangsaan  Timur No.56 Jakarta pukul 10.00 WIB, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.  Berikut ini adalah video dan isi teks proklamasi yang di bacakan oleh Ir. Soekarno
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta
     



                 Dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ir. Soekarno maka bangsa Indonesia telah terbebas dari penjajahan Jepang dan mendapakan kemerdekaan secara De Jure.
                 Arti kemerdekaan berdasarkan wikipedia adalah :
  • Saat di mana sebuah negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya.
  • Saat di mana seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi

               Namun perjuangan kemerdekaan belumlah selesai. Pada Era Reformasi sekarang tidak ada sekutu yang secara fisik ingin menjajah Indonesia dengan pertumpahan darah melainkan sekutu yang secara abstrak ingin menjajah Indonesia dengan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. Korupsi adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Kolusi adalah sikap dan perbuatan tidak jujur dengan pemberian uang atau fasilitas tertentu sebagai pelicin agar semua urusan menjadi lancar. Sedangkan nepotisme adalah lebih memilih saudara atau teman akrab berdasarkan hubunganya bukan berdasarkan kemampuanyanya. 
Sumber: Matanews.com
                   Banyak korupsi,kolusi, dan nepotisme yang terjadi di mana-mana. klik disini untuk melihat daftar korupsi di Indonesia yang terjadi pada segala bidang. Hal tersebut mengakibatkan bangsa Indonesia masih belum merdeka secara penuh. Korupsi, kolusi, dan nepotisme bukanlah sekutu yang mengakibatkan pertumpahan darah di bangsa Indonesia melainkan warga Indonesia yang dengan sengaja memperkaya diri sendiri dengan mengorban kesejahteraan bangsa Indonesia. Kemerdekaan yang berarti kesejahteraan rakyat pada era reformasi sekarang ini bukanlah akhir dari penjajahan sekutu melainkan titik awal dari perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan yang sesungguh dengan mementingkan kesejahteraan rakyat Indonesia.
                 Selain korupsi, kolusi dan nepotisme bangsa Indonesia juga telah di jajah dengan kemiskinan, pengangguran serta terorisme yang semakin meresahkan kesehteraan rakya Indonesia. berdasarkan data kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertambah.

"Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil sikap nasib bangsa dan nasib tanah air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnya."
                Kutipan di atas adalah potongan teks pidato Bung Karno  pada  Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 1945 yang mengandung makna jika negara Indonesia ingin berkembang semuanya berada di tangan kita.
               Kita sebagai bangsa rakyat Indonesia harus bangga dan bersyukur dengan apa yang kita raih sekarang ini dengan selalu berkorbang untuk bangsa Indonesia. Berkorban bukan berarti kita ikut perang melawan penjajah melainkan berkorban  dengan cara memberikan segudang prestasi untuk mebangun bangsa indonesia untuk lebih baik.  

"Kita sekarang telah merdeka!
Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita!
Mulai saat ini kita menyusun Negara kita! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia – merdeka kekal dan  abadi. Insyaallah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu!"

              Itulah kutipan terakhir dari potongan teks pidato Bung Karno  pada  Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 1945. Semoga dengan prestasi yang kita buat Indonesia akan semakin BERKEMBANG dan semakin terkenal di mata INTERNASIONAL.

Referensi
Mustopo, Habib.2006.Sejarah SMA kelas XII Program IPS.Jakarta:Yudistira.
http://asrihandayani.wordpress.com/pengertian-korupsikolusidan-nepotisme http://id.wikipedia.wiki/kemerdekaan
http://tunas63.wordpress.com/teks-lengkap-pidato-bung-karno-pada-proklamasi-kemerdekaan-ri-17-agustus-1945
http://www.sman1jetis-bantul.sch.id

1 komentar:

  1. muantapppppppppp
    gabung juga di blog aku
    http://sel7vys.blogspot.com
    ok.....

    BalasHapus